Makassardaily.com,- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) turut berpartisipasi dalam kegiatan “ASEAN Intervarsity Youth Competition 2022” yang diselenggarakan oleh Prince of Songkla University bekerjasama dengan Universiti Utara, Malaysia dan Universitas Airlangga, Indonesia. Ketiga tuan rumah mengundang mahasiswa dan siswa SMA di negara-negara ASEAN termasuk China dan Jepang untuk berpartisipasi dalam  kegiatan Lomba Pidato, Kuis ASEAN, dan Talk Inspirasi Sains yang dilaksanakan di Prince of Songkla University, Thailand.

Dalam Lomba Pidato AIYC 2022, Muh. Saleh Aspah akan berpidato menggunakan bahasa Inggris di Thailand dengan judul pidato "The Role of Youth in Overcoming the Covid-19 Endemic Towards SDGs".
Dari lima (5) orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, salah satunya Muh. Saleh Aspah yang lolos finalis. Muh. Saleh akan bertanding dengan beberapa universitas di ASEAN dibabak final yang akan dilaksanakan di Prince of Songkla University pada tanggal, 16-19 September mendatang. Sementara empat (4) orang lainnya masuk 15 dan 18 besar dari seratus peserta  yang mendaftar lomba AIYC yang berasal dari berbagai universitas di ASEAN. Ujar Mustakim, Kepala Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional, UNIMEN dalam rilis yang diterima Makassardaily.com, Jum'at, 12 Agustus 2022.

Dalam Lomba Pidato AIYC 2022, Muh. Saleh Aspah akan berpidato menggunakan bahasa Inggris di Thailand dengan judul pidato "The Role of Youth in Overcoming the Covid-19 Endemic Towards SDGs" yang membahas tentang peran pemuda dalam mengatasi pandemi Covid-19 menuju pembangunan berkelanjutan. lanjutnya.

Yang menjadi motivasi kami untuk mengikutsertakan mahasiswa UNIMEN dilomba ini adalah agar mahasiswa bisa mengembangkan sayapnya bertanding di manca negara. Menjadi juara di negara sendiri itu biasa tetapi menjadi pemenang di luar negeri itu sangat luar biasa. Mustakim menambahkan.


Selain itu katanya, wawasan mahasiswa juga semakin luas dan bisa bersosialisasi dengan mahasiswa asing lainnya. Ini untuk motivasi bagi mahasiswa sedangkan motivasi untuk kampus tentunya juga tidak bisa terlepas dari kebutuhan universitas yang mengharuskan mahasiswanya untuk mendapatkan prestasi akademik, non akademik internasional sebagai penunjang akreditasi universitas maupun program studi.


Harapan kami, semoga mahasiswa kita ini (Muh. Saleh Aspah) dapat mengharumkan nama baik Indonesia khususnya Universitas Muhammadiyah Enrekang di Thailand pada bulan September yang akan datang dan menjadi pemenangnya. Kemudian harapan secara umum untuk mahasiwa UNIMEN agar lebih termotivasi lagi belajar bahasa Inggris supaya bisa mengikuti lomba-lomba bertaraf internasional di tahun berikutnya, ungkapnya.


Terakhir, yang sangat special, setiap kegiatan internasional selalu disupport penuh oleh Rektor UNIMEN Dr. Yunus Busa, M.Si., tutupnya.*